Rangkaian Listrik Delta-Star

Apa kabar teman-teman semua? Semoga di hari minggu ini kalian tetap dalam keadaan yang terbaik  dan selalu terbaik Aamiin. Nah pada kesempatan kali ini saya mau membahas tentang salah satu topik sekitar dunia kelistrikan yaitu rangkaian listrik yang berupa delta-star. Apa sih itu Delta-Star?
Rangkaian listrik delta-star (Δ-Y) adalah teknik matematika untuk menyederhanakan analisis jaringan listrik. Nama ini berasal dari bentuk diagram sirkuit, yang terlihat masing-masing seperti  Yunani huruf Δ dan huruf Y. Teori transformasi sirkuit ini diterbitkan oleh Arthur Edwin Kennelly pada tahun 1899. Dari transformasi ini kita bisa mendapatkan banyak manfaat dalam permasalahan di dunia kelistrikan seperti dalam hal sistem fasa distribusi listrik.

Sering kali kita menjumpai rangkaian dalam bentuk Δ dan kita hampir pasti kesulitan untuk menghitung rangkaian listrik didalamnya oleh karena itu kita perlu mengubah terlebih dahulu rangkaian Δ menjadi Y. Simak baik baik persamaan yang ada di bawah:

Hambatan total pada star di titik A dan B harus sama dengan hambatan total pada delta di titik A dan B juga. sehingga pada rangkaian delta R1 dan R3 dijadikan seri kemudian di paralelkan dengan R1. Pada rangkaian star hamabatan Rx dan Ry dijadikan seri.
Sehingga persamaan menjadi

Dengan cara yang sama untuk titik antara BC dan AC sehingga didapatkan
Kurangi kedua persamaan di atas
Kita akan mencari nilai Rx maka jumlahkan persamaan Rx-Ry dengan Rx+Ry agar suku Ry hilang
R1+R2+R3 supaya sederhana dapat dimisalkan menjadi Rt yang berarti hambatan total.
Terakhir akan kita dapatkan nilai dari Rx, Ry, dan Rz

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari blog Science Information. Berlangganan melalui email sekarang juga: