Pengaruh Kecepatan Angin dalam Efek Doppler

Efek Doppler merupakan efek yang terjadi saat pengamat mendengar frekuensi dari suatu sumber bunyi yang berbeda dari frekuensi awal bisa lebih tinggi atau lebih rendah. Ini terjadi karena perbedaan panjang gelombang yang terjadi saat pengamat atau sumber bunyi bergerak. Saya sebelumnya telah membuat postingan yang berjudul pembuktian dan penjelasan efek doppler.

Efek doppler umumnya dipakai jika berada dalam keadaan tanpa kecepatan angin atau keadaan dimana kecepatan angin ditiadakan (diabaikan). Disini saya akan menjelaskan bagaimana formula efek doppler jika kecepatan angin diperhitungkan. Saya tekankan lagi bahwa kita tidak perlu pusing pusing memikirkan tanda plus minus dalam rumus efek doppler, kita cukup perlu menggunakan logika dan intuisi kita dalam sebuah problem.

Rumus efek doppler jika kita memperhitungkan kecepatan angin adalah
Jika sebelumnya kita tidak menjumpai kecepatan angin Va pada rumus efek doppler biasa kali ini saya akan memberikan pemahaman bagaimana menggunakan atau menentukan tanda plus minus yang akan digunakan jika kecepatan angin diperhitungkan. Langkahnya pun cukup mudah jika diperhatikan dengan baik.

Pertama, jika ada sumber buyi bergerak mendekati pengamat dan pengamat diam, kita harus memahami keadaan saat kecepatan angin diabaikan maka di rumus efek doppler hanya akan digunakan kecepatan suara di udara yaitu V. Itu berarti suara merambat di udara dengan kecepatan V. Lalu jika tiba tiba ada kecepatan angin Va searah dengan kecepatan sumber bunyi mendekati pengamat, maka kecepatan angin itu akan membawa suara yang sedang merambat di udara, maka dari itu seolah olah kecepatan suara yang tadi secara alami merambat dibawa oleh kecepatan angin, maka dari itu tanda untuk kecepatan suara yaitu plus (+) jadi (V+Va)

Kedua, jika sumber bunyi menjauhi pengamat dan pengamat diam, sedangkan ada kecepatan angin yang searah dengan sumber bunyi. Maka seolah olah suara yang merambat ke belakang mengarah ke pengamat dilawan oleh kecepatan angin yang mengarah ke depan. Maka dari itu tanda untuk kecepatan suaara yaitu minus (-) jadi (V-Va)

Selebihnya bisa kamu kembangkan sendiri. Intinya gunakan logika dan intuisimu untuk efek doppler ini. Karena sama sekali tidak ada unsur untuk dihapal dalam rumus ini. Kalau ada yang mau nanya silahkan tinggalkan komentar.

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari blog Science Information. Berlangganan melalui email sekarang juga: