Cara Backup Semua Data dan Postingan Blog di Blogspot

Semua yang ada di dunia ini tidaklah selalu selamanya dan pastinya tidak akan selalu bersama kita. Pastinya suatu saat tanpa kita sadari atau kita tahu, kita akan kehilangan yang kita miliki. Seperti contohnya saat kamu meminjam barang milik temanmu dan suatu saat kamu dan temanmu sama sama membutuhkannya pasti ia akan segera mengambilnya dari tanganmu itu.

Sama halnya seperti blog, seorang blogger yang professional haruslah sudah mengerti dan paham untuk mengantisipasi jika blog atau website yang kita miliki tiba tiba hilang atau dimusnahkan dari muka bumi ini. Entah karena diretas atau dihapus oleh google. Google merupakan perusahaan besar dunia yang setiap hari ia selalu melakukan pengawasan terhadap anak anak buahnya yaitu salah satunya adalah Blogger. Jika kita memiliki blog dengan platform blogspot milik google. Kita harus selalu waspada dan selalu hati hati dalam memaki blog serta mentaati segala peraturan blogger.
Semakin kesini Google semakin gencarnya melakukan penyeleksian terhadap blog blog yang melakukan pelanggaran dan tidak patuh terhadap aturan Google. Dari tahun ke tahun Google selalu melakukan perbaikan pada sistemnya dan melakukan penghapusan terhadap blog blog yang tidak wajar.

Maka dari itu untuk mengantisipasi akan hal tersebut. Kita harus mempunyai antisipasi awal atau pencegahan dini dimana jika blog kita tiba tiba dihapus kita masih mempunyai cadangan untuk postingan dan segala data yang kita miliki di blog tersebut. Salah satunya adalah dengan cara mem-backup data data yang ada pada blog kita. Dengan membackup data kita menjadi tenang akan hal penghapusan blog oleh Google.

Caranyapun cukup mudah yaitu:

1. Login ke akun blogger kamu di blogger.com
2, Masuk ke Tab Setelan
3. Pilih Lainnya

4. Disitu ada tulisan Impor & cadangan kamu bisa pilih Cadangkan Konten.

Atau kamu bisa pilih Hapus Blog ---> Unduh Data Blog. Jangan sampai salah klik yaaa... hehehe :D


Dan untuk mengembalikannya atau mengambil datanya lagi caranya juga mudah kamu klik aja impor konten. 

Lalu kamu bisa centang Saya bukan robot kemudian kamu klik Impor dari komputer dan pilih file backup-nya. 


Dengan begitu kamupun sudah menyimpan semua data data yang ada di blog kamu. Saya sarankan agar kamu rutin untuk mem-backup data yang ada di blog kamu supaya jika suatu saat kamu tidak tahu menahu kalau blog kamu hilang atau dihapus, kamu sudah mempunyai data cadangannya. Tidak usah sering sering satu bulan sekali atau dua bulan sekali menurut saya cukup. Sampai disini dulu tutorial yang saya bagikan semoga bermanfaat :)

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari blog Science Information. Berlangganan melalui email sekarang juga: