Pembuktian Nol Faktorial sama dengan Satu 0!=1

Kembali lagi bersama gue di artikel yang tentunya sangat bermanfaat sekali terutama dalam bidang sains. Disini gue mau jelasin gimana sih pembuktian dari nol faktorial itu bisa sama dengan satu. Nah sebelumnya mungkin bagi kamu ada yang udah tau atau mungkin ada yang belum tahu apa itu faktorial. Sebelumnya gue jelasin dulu mengenai faktorial ini. Menurut wikipedia
Dalam matematikafaktorial dari bilangan asli n adalah hasil perkalian antara bilangan bulat positif yang kurang dari atau sama dengan n. Faktorial ditulis sebagai n! dan disebut n faktorial. Secara umum dapat dituliskan sebagai: 
n!=n.(n-1).(n-2).(n-3)...... 3.2.1
Dari definisi di atas kita bisa tahu bahwa suatu bilangan yang difaktorialkan akan sama dengan bilangan itu sendiri dikali bilangan sebelumnya dikalikan bilangan sebelumnya sampai mencapai bilangan satu.

Faktorial sendiri sering digunakan dalam ilmu ilmu peluang dalam  matematika terutama kombinasi dan permutasi. Dalam bidang komputer juga sering digunakan faktorial ini karena ilmu komputer menggunakan banyak jenis peluang.

Namun gimana kalau bilangan yang difaktorialkan itu 0. Apakah bisa ? tentu bisa, hasilnya adalah 1.
Gimana pembuktiannya? Sebenarnya pembuktiannya cukup mudah

Simak secara seksama pembuktian di bawah ini:

Kita tidak menggunakan definisi faktorial yang di atas karena jika n=0 tidak bisa, maka kita gunakan definisi faktorial yang baru yakni

Kita ganti n dengan sebuah bilangan





Jadi Terbukti bahwa nilai dari 0!=1


Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari blog Science Information. Berlangganan melalui email sekarang juga: