Pembuktian Rumus Turunan Fungsi Trigonometri dengan Limit


Mendung mendung mau hujan. Enaknya ngapain ya bro sis? saya lagi ada ide mau nge post pembuktian turunan trigono. Bagi anak SMA mungkin sudah pernah menjumpai rumus turunan trigonometri bukan seperti gambar di atas? Nah kali ini saya ngasih tau ke kalian semua gimana turunan itu bisa di dapet.

Kamu mungkin udah pada tau kan Definisi dari turunan itu kayak gimana? yak betul banget dengan menggunakan limit seperti gambar di bawah:
Untuk mencari turunan trigonometri pun juga harus menggunakan definisi di atas.

Yok mari disimak perlahan lahan:

1. Turunan Fungsi Sinus
INGAT!

2. Turunan Fungsi Cosinus


INGAT!

3. Turunan Fungsi Tangent

Untuk turunan fungsi tangen dan seterusnya sebenarnya lebih mudah mengunakan rumus pembagian turunan karena kita udah tau turunan dasarnya yaitu sin dan cos. Tapi berhubung judul kali ini menggunakan limit jadi saya kasih yang pakai limit.




Ingat!
Ingat! 


4. Turunan Fungsi Secant

Untuk funsi secant pada prinsipnya sama aja kayak fungsi lain tapi hanya kebalikan dari cosinus.

Ingat!
Sudut Berelasi

5. Turunan Fungsi Cosecant

Sama halnya seperti turunan secant tapi fungsi cosecant dalah kebalikan dari fungsi sinus.

Ingat!


6. Turunan Fungsi Cotangent

Untuk membuktikan fungsi cotangen ini cukup lebih sulit dari yang di atas tadi. Jadi silahkan dipahami baik baik.

Ingat! 
Rumus dua sudut cotangent kebalikan dari tangent



Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari blog Science Information. Berlangganan melalui email sekarang juga: