Pembuktian Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dalam fisika

Setelah nulis pembuktian rumus abc saatnya saya mau post pembuktian rumus GLBB. Bagi kamu yang mau tau pembuktian rumus abc bisa diliat DISINI. Bagi kamu yang pernah SMA mungkin pernah menemukan beberapa rumus glbb. Disini saya menyebut jarak sebagai posisi/perpindahan bukan jarak. Mengapa Perpindahan? karena jarak merupakan jumlah posisi dari awal sampai akhir yang bersifat skalar dan perpindahan merupakan selisih dari posisi yang hanya melihat keadaan awal dan akhir dan juga bersifat vektor  Di rumus glbb ini hanya ada 3 rumus yaitu:


Dalam belajar ilmu ilmu eksakta seperti matematika dan fisika kita sebaiknya tahu akan asal mula rumus rumus yang ada. Supaya konsep dan pemahaman materi dapat tersampaikan. Jika tidak kita hanya akan tahu dan mengahapal rumus itu bukan memahaminya dan tentu juga kita tak kan bisa mengerjakan soal soal yang tingkatannya lebih sulit jika kita tak memahami asal konsepnya.

Dalam hal ini karena GLBB maka percepatan geraknya bernilai konstan alias a=konstan, maka kecepatan benda berubah ubah terhadap waktu karena dipercepat dengan percepatan a

1. Hubungan Kecepatan, Percepatan, dan Waktu.

Berdasarkan definisi kecepatan jika kita menghitung dari kecepatan awal v­0 hingga kecepatan akhir menjadi v
maka perubahan kecepatan Δv

2. Hubungan Posisi, Kecepatan, Percepatan, dan Waktu

Kita tahu bahwa perpindahan yang kita tempuh merupakan posisi akhir dikurangi posisi awal dengan kata lain adalah selisih posisi Δx. Bukan hanya itu, perpindahan yang kita tempuh merupakan kecepatan rata rata dikali waktu. Dipakai kecepatan rata rata karena kecepatan berubah sebanding dengan waktu dimana kecepatan rata rata merupkaan nilai tengah dari kecepatan awal dan kecepatan akhir maka kecepatan rata rata sama dengan kecepatan awal dikurangi kecepatan akhir dibagi 2.
Dimana
Maka
Rumus ini sama dengan persamaan kuadrat dalam matematika sehingga kurva posisi terhadap waktu adalah kurva persamaan kuadrat.

3. Hubungan Kecepatan, Percepatan, dan Posisi

Berdasarkan definisi kecepatan tadi kita dapat menemukan waktu yaitu
Kita substitusi persamaan waktu ke dalam persamaan posisi

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari blog Science Information. Berlangganan melalui email sekarang juga: