Cara Format Flashdisk Drive dengan Command Prompt (CMD)

Assalamualalikum teman teman. Pagi pagi gini di hari minggu rencananya tadi mau berangkat cfd di sekitaran bundaran HI, tapi karena cuaca belum  terlalu mendukung ya jadi cukup di rumah saja. Nah mumpung saya di rumah lagi ga ada kerjaan bosen ya saya ngeblog aja lagi :D

Kali ini saya mau kasih tau gimana caranya format flashdisk melalui command prompt. cara format ini dilakukan ketika kita memformat dengan cara biasa melalui klik kanan di windows explorer tidak bisa atau terdapat masalah. Format dengan cara ini tentunya akan lebih aman dan bersih dari sisa sisa file yang masih tertinggal sebelumnya. Ok langsung aja saya kasih tau caranya simak di bawah ini ya bro:

1. Tekan Windows Key + R, pada keyboard,atau klik start > run > ketikkan cmd lalu enter
2. Ketik diskpart tekan enter.
3. Ketik list volume, tekan enter - lihat di windows explorer drive apa yang di pakai oleh Flashdisk atau storage anda


4.Misalnya Flashdisk anda berada pada volume 4,maka ketikkan select volume 4 lalu enter.
5.Ketik clean lalu Enter.
6.Ketik create partition primary dan Enter.
7.Ketik select partition 1 tekan Enter.
8.Ketik active dan Enter.
9.Ketik format fs=fat32 tekan Enter. tunggu sampai loading 100%
*Note
-fs adalah file system
10.lalu ketik assign dan tekan Enter
11.Selesai.Untuk menutupnya ketikkan saja exit lalu tekan enter.

OK cukup mudah bukan? sekian dulu artikel tutorial kali ini semoga bermanfaat akhir kata 
Wassalamualaikum

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari blog Science Information. Berlangganan melalui email sekarang juga: