Cerita Pengalaman OSN


Assamualaikum wr. wb.
Mungkin bagi kalian para pelajar yang menduduki bangku SD, SMP, atau pun SMA tak asing lagi dengan yang satu ini, Ya, betul sekali OSN. OSN sendiri merupakan ajang olimpiade bergengsi bagi siswa siswa berbakat dalam bidang sains yang di adakan setiap tahunnya oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan. Disini saya mau cerita pengalaman saya ikut OSN dari SD. Tapi jika ada yang belum tahu sekali apa itu OSN bisa dilihat di laman Wikipedia. Sebelum saya akan bercerita dengan bahasa gaul aja yaa lo gua biar suasana bisa jadi santai.


  1. OSN SD
jadi awal mulanya gua tertarik dengan sains sejak awal kelas 4 SD. Nah saat gua naik kelas 5 tahun ajaran 2009/2010 suasana pun berubah tiba tiba ada guru IPA menyuruh gua buat ikut OSN IPA sedangkan waktu itu gua blm tau apa apa tentang osn sendiri. Ok lah masuk ke tingkat kelurahan disitu gua bertemu dengan teman teman lain dari SD sebelah dan gua nggak kenal siapa mereka hahaha disitu gua hanya terdiam. Saat gua mengerjakan soal dan kagetlah ternyata ada soal bahasa inggrisnya dan gua mengakui saat itu gua paling ga bisa yang namanya bahasa inggris. Setelah menunggu hasil gua sangat senang walaupun ga dapat peringkat tapi akhirnya gua bisa lolos, perjuangan pun dilanjutkan ke tingkat kecamatan disitu gua harus belajar sungguh sungguh dan akhirnya gua bisa dpt peringkat 1 tingkat kecamatan.


Senangnya Alhamdulillah akhirnya bisa lanjut ke tingkat kota Jakarta Selatan di suatu gedung di daerah Jagakarsa gua lupa namanya disitu gua melihat banyak peserta yang rupanya terlihat memang cerdas dan gua merasa mempunyai keberanian lebih untuk mengunggulinya. Tapi alhasil perjuanganku rupanya hanya sampai disini.


  2. OSN SMP & Kompetisi MGMP IPA SMP



Saat gua baru masuk kelas 7 tepatnya di semester 1 tiba tiba lagi nih gua ditunjuk sama guru IPA SMP untuk ikut kompetisi MGMP IPA. Kompetisi mgmp ipa ini ada 3 kelas yaitu untuk kelas 7, 8, dan 9. Ok lah kalau ini ga masuk cerita osn tapi gapapa gua cerita dikit boleh la haha :D. Jadi saat itu gua mau bgt ikut apalagi saat itu materi yang keluar di mgmp yaitu materi semeter 1 dan banyak fisika hitungan. Nah semenjak SMP lah gua mulai suka dengan fisika. Bermula dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, sampai provinsi maks sampai tingkat provinsi karena lomba ini diadakan oleh mgmp guru provinsi. Pada saat gua udh masuk provinsi sayang banget ternyata gua ga bawa pulang piala resmi mgmp. Tapi tak apa gua di kabupaten udah dapat juara 2. Lanjut lagi masuk ke semester 2 nah inilah babak baru dimulai yak gua ditunjuk untuk ikut OSN fisika SMP oleh guru yang sama tapi sayang sekali gua hanya bisa berpartisipasi sampai tingkat kota saja.



Masuk ke kelas 8 Nah saat itu gua ikut lagi komp. mgmp ipa yaa walaupun materi semester 1 kelas 8 itu mayoritas biologi dan gua kurang di pelajaran biologi jadi ya gapapa setidaknya mencoba akhirnya cuma sampai tingkat kota saja. dilanjut saat semester 2 nya gua ikut lagi OSN fisika, 3 temen gua yaitu lutfi, dwiki, dan monika ikut juga tetapi dalam bidang masing-masing yaitu biologi, IPS, dan MTK. Saat SMP sering banget lombanya di SMPN 19 termasuk osn kota/ osk pun disitu. Lumayan bagus juga itu sekolah dan lumayan keren. Jadi saat gua udah selesai osk akhirnya udah lega tapi setelah beberapa hari diumumin sama guru gua kalau gua sama dwiki (bidang IPS) ternyata lolos, Alhamdulllah. Selanjutnya mengikuti pembinaan dari dinas kota Jaksel di Graha Insan Cita, Depok selama 3 hari.  Saat itu gua bertemu dengan banyak teman dari berbagai smp di jaksel salah satunya labschool, SMPN 115, dll. Nah setelah pembinaan itu ada lagi pembinaan selama 4 hari untuk peserta osp tetapi untuk ini setiap bidang osn berbeda tempat pembinaannya. Bidang fisika di smpn 19 bidang ips di smpn 115. saat itu gua melihat saingan saingan yang begitu cerdas yang biasa dengan ciri khas mata sipitnya hahaha:D biasanya meraka berasal dari sekolah swasta seperti penabur, ipeka, dan lain lain. Di penyaringan osp ini ada 3 seleksi yaitu seleksi pra osp 1, pra osp 2, dan osp. jadi setelah pembinaan diadakan penyaringan untuk pra osp 1 tapi sayangnya gua ga lolos saat itu tapi tak apa.



Masuk ke kelas 9 semester 1 mulai materi baru ini ada biologi dan fisika gua seneng banget ada materi di osn sebelumnya yang udah dipelajari. Karena memang OSN materi nya sudah mendahului di tingkat atas nya jadi semisal osn smp materi yang keluar adalah fisika sma. Jika osn sma materinya bisa sampai s1 atau s2. sorry oot. Nah saat itu gua ikut lagi kompetisi mgmp tapi sayang sekali alur ceritanya sama seperti saat gua kelas 7 dulu.



   3. OSN SMA


Masa SMA pun dimulai disini gua banyak bertemu teman baru yang rata rata tergolong pintar. Disini gua harus bisa belajar banyak dari mereka. Dan di awal semester 1 gua  berusaha untuk baca materi fisika ke depan mendahului yang lain sampai saat liburan semeter 1 gua berusaha latihan soal soal osk dan tiba saatnya waktu itu tiba tiba diadakan seleksi dadakan oleh kakak kelas 12 yang namanya Rheneteu Virginio biasa dipanggil gino, dia waktu kelas 11 sampai tingkat nasional tapi sayang ia tak dapat medali tapi itu sudah bagus sekali menurut gua. Dan saat tes gua brusaha semaksimal mungkin  untuk menjawab 5 soal yang ada karena hanya 1 orang perwakilan dari kelas 10 dan 2 orang dari kelas 11. Ini adalah soal yang masih gua simpen :D



 

Dan akhirnya gua seneng bisa lolos untuk ke osk. saat hari h osk perasaan gua sudah ga sabar, osk 2015 ini dilakukan di sman 26 saat gua sedang ngerjain soal entah kenapa rasanya gua ga bisa ngerjain hanya sedikit yang bisa gua mengerti sampai akhirnya waktu ujian pun berakhir. Saat itu gua berkenalan dengan seseorang yang bernama Irfan Zaky Harlen dari SMAN 8. saat pengumuman tiba nama gua ternyata blm ada di daftar peserta yang lolos osk. "tak apa masih ada tahun depan" tetapi 2 orang temen gua yang kelas 11 lolos dan gua berharap mereka bisa sampai nasional, tapi sayangnya langkah mereka terhenti sampai di OSP. Nah saat itu gua pun kaget kalau si irfan bisa lolos ke nasional sungguh memang benar benar orang pintar.


Lanjut ke kelas 11 semester 2 gua bersama temen gua yaitu Denilson kelas 11 dan Daniel kelas 10 menjadi perwakilan sekolah dalam osn 2016. Tempat osk yaitu sama di sma 26. saat kira kira H-7 osk gua mulai belajar keras untuk bisa lolos osk dan temen gua denilson dan daniel, mereka ikut pembinaan dari suatu lembaga olimpiade tertentu selama kurang lebih 4 hari. Saat sebelum osk si SMAN 26 gua ketemu sama temen smp yang namanya dwiki yang dulu sama gua, pas osk dia ikut ekonomi. Saat osk berlangsung gua sadar harus berjuang untuk sekolah tercinta dan soal yang gua kerjain sedikit lebih gampang dari tahun lalu hmm akhirnya gua pun pd untuk bisa lolos dan alhamdulillah gua lolos peringkat 13 dari 25 sedangkan denilson peringkat 8 sungguh terlihat hebat. tapi daniel, ia sayangnya merasakan yang sama yang gua rasain saat kelas 10 dia tak lolos osk. Saat itu pun gua harus belajar keras masuk osp. di osp ini ada 2 seleksi yaitu pra osp dan osp. Penyaringan pra osp ini diambil 50 peserta dari 125 peserta keseluruhan, karena tiap kota ada 25 peserta maka jika DKI jakarta ada 5 kota kali 25 peserta totalnya 125. Saat itu gua dan deni(denilson) ikut pembinaan tahap 1 selama 3 hari di sman 30 dan saat seleksi Syukur Alhamdulillah gua peringkat 16 dan deni peringkat 21 dari 50 peserta. Dwiki juga akhirnya lolos untuk ke OSP Alhamdulillah.


Disitu terpampang jelas si irfan jadi peringkat 1 jelas aja kelas 10 dia bisa sampai nasional. Kemudian setelah pra osp berlalu saatnya gua harus lebih fokus lagi untuk bisa sampai nasional pembinaan selama 10 hari pun dimulai di tempat yang sama seperti sebelumnya. Waktu yang cukup lama untuk gua belajar. Setiap hari pulang pergi siang malam gua  habisin buat belajar fisika. saat itu banyak kenalan kenalan baru juga yang terbilang bisa di ajak becanda seperti raihan fauzan dari SMAN 8, daffa faisal dari MHT, dan masih banyak lagi. Guru guru pembinaan osp juga lumayan ok mulai dari guru pembina asal binus namanya pak endra, adalagi guru smak 1 penabur namanya pak matius, trus ada mantan medali emas osn 2014 sekaligus medali perunggu ipho 2015 yaitu kak jason kristiano. Sebetulnya saat pembinaan osp gua udah sadar klo ada 5 orang mantan veteran osp tahun lalu alias dia yang udh ikut tahun lalu dan gua berpikir kalau dia pasti lolos tinggal sisa 3 orang atau 4 orang untuk ke nasional karena kuota Jakarta biasanya kalau ga 8 ya 9. Disitu gua harus berjuang keras untuk lolos ke nasional. Sebetulnya selama pembinaan osp gua mengkategorikan 50 peserta osp saat itu menjadi 2 golongan yaitu yang pertama golongan terambis jadi dia ini disaat apapun selalu belajar mungkin tujuannya hanya satu yaitu lolos nasional dan gua termasuk golongan ini hahaha :D trus yang ke dua golongan ambis ga ambis jadi biasanya golongan ini di dominasi oleh kelas 10 mungkin mereka berpikiran "ah masih ada tahun depan jadi tenang aja" kalo ada kalo kaga ikutan lagi? Haha :D tetapi gua baru sadar disitu ada anak kelas 10 namanya Patrick BN dia SMA ipeka jadi dia ini dulunya mantan peraih medali perak IJSO saat SMP dalam hati gua "waduh jauh bener yaa prestasinya dri gua" tapi jiwa semangat gua ga bakal turun saat gua tau itu. Waktu hari h pun tiba gua dan teman teman satu sekolah yang hanya tersisa 10 orang berangkat menuju SMAN 48 untuk bertarung di OSP. saat ujian pun dimulai gua mencoba untuk tetap tenang dan masih punya semangat untuk nasional. Setelah beberapa minggu lamanya kira kira dua setengah minggu hasil OSP pun keluar dari dinas. Alhasil nama gua pun ternyata ga ada dalam daftar. Gua hanya bisa ngucapin selamat bagi yang lolos.


Sedikit menghembuskan nafas. Gua coba melihat lagi untuk memastikan apakah nama gua benar benar ga ada dan ternyata memang benar. Rupanya gua pun terkejut kalau 9 peserta OSN di atas adalah peringkat 9 teratas saat pra osp dulu, sangatlah berbeda dengan bidang bidang lain malah gua liat di bidang mtk ada peserta saat pra osp ia peringkat 46 tapi ia bisa lolos osn, semua ini tak ada yang bisa memastikan. Rasanya perjuangan osn sma pun harus berakhir sampai disini. Semua pengalaman osn dan kompetisi yang telah gua dapat selama ini bakal gua jadikan sebagai pelajaran untuk kedepannya nanti karena "Pengalaman adalah guru yang terbaik". Mungkin Allah SWT. Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang menyiapkan sesuatu yang lebih baik di masa depan ku nanti AAMIIN.
Sekian cerita osn gua kali ini. Wassalamualaikum wr. wb.

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari blog Science Information. Berlangganan melalui email sekarang juga: